Di Antara Jenis Yogurt ini, Mana yang Jadi Pilihanmu?
Monday, 18 September 2017      177 reads

Di Antara Jenis Yogurt ini, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Kamu mengaku pecinta yogurt? Kalau iya, tentunya kamu wajib tahu apa saja jenis yogurt yang biasa kita konsumsi. Kalau belum tahu cara membedakan satu jenis yogurt dari yang lain, berarti kamu belum benar-benar mengenal serba-serbi yogurt, Honey! Tak kenal maka tak sayang! Yuk coba cek, apakah kamu paham ciri khas yogurt menurut nama populernya masing-masing berikut ini :

Yogurt plain
Plain yogurt adalah yogurt asli yang tanpa rasa. Selain itu yogurt plain juga rendah kalori tanpa tambahan gula. Maka yogurt plain ini biasa dipakai untuk campuran makanan lainnya seperti buah-buahan serta healthy breakfast bowl favoritmu!

Greek yogurt
Greek yogurt atau yogurt Yunani adalah tipe yogurt yang kandungan airnya disaring sehingga teksturnya kental dan creamy. Proses pembuatannya juga membuat yogurt Yunani cenderung rendah bahkan bebas laktosa, serta mengandung jumlah protein hampir dua kali lipat dibandingkan dengan jenis yogurt biasa!

Frozen yogurt
Frozen yogurt  yang sering disingkat ‘froyo’ ini adalah jenis yogurt yang biasa dijual di outlet khusus yogurt. Disajikan layaknya eskrim dengan beragam pilihan topping seperti buah, almond, sampai permen dan marshmallow, sehingga tampilannya menarik dan saat dimakan nggak membosankan. Komposisinya Karena rasanya juga cenderung manis daripada yogurt biasa, yogurt ini rata-rata disukai banyak orang.

Yogurt cair (yogurt drink)
Kamu yang lebih memilih yogurt dalam bentuk minuman, pasti suka segala sesuatu yang sifatnya praktis. Yogurt cair ini sangat umum ditemukan di pasaran, serta saat diminum memang lebih cepat dihabiskan. Rasanya pun bermacam-macam tidak hanya asam seperti yogurt plain, sehingga biasanya mengandung gula yang cukup banyak. Walau teksturnya lebih encer, manfaat bakteri probiotiknya tetap bisa kamu nikmati. Namun pastikan dulu yogurt yang kamu minum mencantumkan nama bakteri yang terkandung di dalamnya, utamanya bakteri Lactobacillus.

Kefir
Walaupun kefir bukan salah satu jenis yogurt, namun rasa, manfaat, serta komposisi bakteri probiotik pada kefir amatlah mirip dengan yogurt. Kamu yang sudah tahu gimana cara membuat yogurt, harus tahu bahwa kefir dibuat dengan cara yang berbeda. Bahan utamanya yaitu susu (bisa dari susu apa saja bahkan juga dari santan) akan difermentasi dalam suhu ruangan tanpa harus direbus. Dengan biakan berbentuk biji-biji kefir yang berisi bakteri probiotik Lactobacillus kefiranofaciens. Hasilnya adalah susu asam yang mengandung lebih banyak protein, lemak, serta probiotik dibandingkan yogurt. Meskipun kaya manfaat, kefir cenderung lebih sulit didapat dibandingkan yogurt. Itu sebabnya, sampai saat ini yogurt masih lebih populer.

Lassi
Lassi adalah jenis yogurt tradisional yang berasal dari kebudayaan India Utara. Beda dari yogurt yang kita kenal, lassi ini sering disajikan dengan rempah-rempah seperti kunyit dan jinten sehingga rasanya cenderung gurih dan asin. Untuk lassi manis, seringnya ditambahkan gula, air lemon atau air mawar, jus stroberi hingga potongan buah-buahan tropis. Secara umum, lassi disajikan bersama susu dan dilapisi krim tipis di atasnya.

SHARE:

Comment

natural honey